Capoeira De centro Java

Olahraga Capoeira di Indonesia sudah mulai menunjukkan eksistensinya. Bisa di lihat dari club-club capoeira yang tadinya hanya komunitas-komunitas kecil berubah menjadi grupo capoeira yang berafiliasi dengan grup capoeira besar di Brazil seperti Grupo Senzala. Melalui media televisi juga kita sudah bisa menyaksikan capoeira, seperti iklan televisi gudang garam "suryapro", KFC Soundtrak dan film "Sang Dewi" oleh saudara Volland.

Perkembangan tersebut, tidak ketinggalan pula bagi club-club capoeira yang ada di daerah Jawa Tengah. Ada empat club capoeira di Jawa Tengah yaitu Capoeira Amizade de Capoeiristas Semarang, Capoeira Vadiacao Salatiga, Capoeira Mostra de Solonesse Solo, dan Capoeira Mostra Prehistoria Purwokerto. Club-club capoeira ini masih terpisah sesuai dengan daerah masing-masing, walaupun demikian ke empat club tersebut memiliki hubungan yang baik. Dalam waktu dekat, hubungan baik ini rencananya oleh para ketua club akan diwujudkan menjadi sebuah club baru yang tergabung dalam satu atap dengan nama Capoeira de Centro Java. Dengan penggabungan ini harapannya seluruh capoeirista yang ada di Jawa Tengah dapat lebih dekat, menjadi satu keluarga baru. Juga harapan lainnya mudah-mudahan suatu saat bisa berafiliasi dengan Grupo capoeira besar di Brazil seperti yang telah dilakukan oleh club capoeira lainnya di Indonesia saat ini.

Akhirnya, mari kita dukung rencana tersebut mudah-mudahan dapat berjalan dengan lancar, amin. Kritik dan saran sangat dibutuhkan, jadi buat rekan-rekan capoeirista yang ada di Jawa Tengah silahkan memberikan pendapat, masukan, dan sebagainya guna kelancaran rencana tersebut. Salve Camara!!